WHAT'S NEW?
Loading...

Tips-Tips dan Cara Upgrade Memori RAM Notebook

Pada Postingan Kali ini saya akan sharing tips-tips Upgrade RAM Notebook/Laptop. Langsung saja simak postingan berikut. :-D
Sistem operasi sekarang semakin lama semakin berkembang dan tentunya spesifikasi hardware yang dibutuhkan pun juga semakin tinggi. Didalam Era Teknologi ini Perusahaan Microsoft  selalu mengembangkan sistem operasinya yaitu windows 8 dan akan mengembangkan windows 8 menjadi windows 10.Tidak heran bagi kita yang selalu tidak ingin ketinggalan tren penggunaan sistem operasi terutama sistem operasi windows 8.Ketika melakukan installasi windows 8 di Laptop/Notebook mungkin awalnya terasa ringan dan lama kelamaan anda akan merasakan laptop menjadi lemot dan Hang apabila Memori RAM anda yang terpasang di Notebook hanya 1GB,pertanyaannya apakah perlu dilakukan upgrade RAM.

Berikut ini saya sharingkan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum  melakukan Upgrade Memori RAM pada Notebook. Berikut ulasannya :
1.    Kebutuhan Upgrade
Pertama yang perlu dilakukan pada saat ingin melakukan upgrade RAM yaitu Alasan kenapa dilakukan upgrade pada Notebook. Jangan sampai melakukan upgrade memori RAM hanya karena keinginan saja atau karena ikut-ikutan dengan teman serta alasan  notebook  yang terasa lemot.Mungkin ada benarnya juga Notebook anda Lemot karena kebutuhan RAM yang kurang.
Mungkin bagi teman-teman pada saat melakukan upgrade yang dirasakan adalah kecepatan menjadi lebih cepat dan stabil tetapi anda tidak pernah mengecek apakah pada saat anda melakukan upgrade Memori RAM Hardware dan software anda support.Jika tidak support maka dalam melakukan upgrade pun akan terasa sia-sia saja.maka sebelum melakukan upgrade memori RAM perlu dicek spesifikasi hardware anda apakah support apa tidak jangan terlalu terburu-buru memutuskan sesuatu.
2.    Jenis Processor
Pada dasarnya setiap processor mempunyai kriteria spesifikasi Memori yang berbeda antara processor satu dengan yang lainnya yang telah ditentukan oleh pembuat Processor tersebut.sebagai contoh processor generasi pertama i3 yaitu Intel® Core™ i3-390M. Pada processor tersebut yang perlu dilihat yaitu seri/generasi processor tersebut biasanya disertakan dibelakang tulisan i3 dalam hal ini angka 390M merupakan generasi processor tersebut.Untuk mengetahui spesifikasi memori dari processor Intel dapat dilihat di website berikut http://ark.intel.com.

Penjelasan Gambar :
Pada gambar diatas,yang terpenting adalah tiga komponen pertama yaitu :
*      Max Memory Size (Ukuran Maksimal Memory)
Merupakan ukuran maksimal pembacaan memory yaitu 8 GB. Maka Jika kita memasang memori dengan kapasitas 16 GB yag terjadi adalah processor tetap hanya membaca memori 8GB. Maka dari itu pengecekan Max Memory Size sangatlah penting jika ingin melakukan upgrade Memori RAM.
*      Memory Type (Tipe Memory)
Maksud dari Memory tipe adalah tipe dan kecepatan dari memori yang digunakan.Dalam gambar diatas tipe memorinya adalah DDR 3 dengan kecepatan maksimal 1066 Mhz.oleh karena itu kita harus mengetahui tipe dan kecepatan memori RAM sebelum melakukan upgrade Memori RAM.
Dalam pemasaran RAM sekarang sudah diedarkan beberapa tipe dan jenis Memori RAM dari DDR1,DDR2 dan DDR3.Dalam kasus ini saya akan mengambil contoh tentang tipe memori DDR3 yang beredar dipasaran yaitu :
Type Memory
Kecepatan Memory
PC8500
1060 Mhz
PC10600
1333 Mhz
PC12800
1600 Mhz
PC15000
1875 Mhz
PC16000
2000 Mhz

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di gambar table dibawah ini :

Dari table diatas hanya terlihat type memorinya saja, bagaimana cara melihat kecepatan memori RAMnya?
Sebagai contoh yaitu Memori Ram PC3-8500 , Memori RAM tersebut dapat mengeksekusi sekitar 8500 Mbps (Mega Byte Per Second), dengan demikian  untuk menghitung kecepatan Memori RAM adalah 8500 Mbps/ 8 bit =1062,5 Mhz (1060 Mhz).
Dalam Gambar diatas telah disebutkan bahwa kecepatan maksimal memori dari processor Intel® Core™ i3-390M adalah DDR3-800/1066 Mhz yang berarti type yang cocok untuk melakukan upgrade Memori RAM adalah PC3-8500 (angka 3 berarti type memorinya adalah DDR3).

Ø  Bagaimana jika notebook dengan processornya Intel® Core™ i3-390M dipasang type memori DDR3 dengan kecepatan 1600 (PC3-12800) saja  ?
Jawab :
Kemungkinan Besar notebook yang diganti memori RAM dari sebelumnya type PC-8500 dengan kecepatan memori 1060 menjadi  memori dengan kecepatan 1600 (PC3-12800) tidak akan bisa menyala karena kecepatan memori maksimal yang dibaca processor adalah 1060 sedangkan yang dipasang pada notebook kecepatan memorinya adalah 1600.
Ø  Bagaimana jika notebook  dengan processornya Intel® Core™ i3-390M dipasang type memori DDR3 dengan kecepatan 1060 (PC3-8500) dan dipasang Memori DDR3 dengan kecepatan1600 (PC3-12800) ?
Jawab :
Maka Ram PC3-12800 yang dipasang akan mengalami Downgrade dari yang seharusnya mempunyai kecepatan 1600 Mhz menjadi 1060 Mhz (mengikuti Kecepatan Memori yang terkecil).

*      On memorry Channels (Dukungan chanel Memori)
Pada Gambar diatas disebutkan bahwa processor Intel® Core™ i3-390M of Memory channels tertulis 2,maka processor tersebut support membaca ram Dual Channel begitu juga apabila tertulis angka 3 maka processor tersebut support Tripple Channel.

Untuk masalah hal ini, jika tertulis angka 2, maka processor support/bisa membaca RAM Dual Channel, begitu juga jika tertulis angka 3, maka akan bisa support membaca RAM Tripple Channel.
Ketika ingin membeli sebuah RAM pasti akan menjumpai di pasaran RAM yang meskipun besarnya sama, misal 8 GB, tetapi banyak ditambahi dual-chanel.Seperti berikut :

Daftar harga tahun 2012

Perhatikan pada tulisan yang diberi warna kuning, dari data tersebut, terdapat dua jenis RAM, sama-sama 8 GB, tetapi ada tulisan  dual channel pada RAM terakhir.
Perbedaannya ketika membeli kedua RAM tersebut maka untuk RAM paling atas (tanpa dual channel) maka akan mendapat hanya satu keping RAM saja sebesar 8 GB tetapi jika RAM yang dual-channel maka akan mendapatkan dua keping RAM yang masing-masing berkapasitas sama yaitu 4 GB.
Terus lebih cepat yang dual channel apa yang single channel ?
Logikanya seperti berikut :
Di analogikan misalnya 8 GB RAM = 8 Liter

Memori Single Channel
Apabila menggunakan Single Channel maka akan menjadi 8 x1024 atau 8 x1 liter botol dengan masing-masing botol mempunyai 1 mulut botol sehingga totalnya 8 mulut botol.

Memori Dual-Channel
Apabila menggunakan memori dengan prinsip Dual Channel maka akan menjadi 16 x 512 MB ( 16 x 0,5 liter botol) dengan masing2 botol mempunyai  satu mulut botol, total 16 mulut botol).
Logikanya adalah  masing-masing mulut botol tersebut diberi selang yang mempunyai  debit air dan diameter  yang sama,maka secara otomatis botol pada Dual Channel akan lebih cepat penuh. 
Ø  Bagaimana Jika Menambahkan  RAM pada netbook dengan kecepatan  yang sama dengan RAM bawaan Netbook sudah terpasang?
Jawab:
Maka belum tentu Notebook akan memunculkan “dual channel”.
Karena salah satu syarat yang bisa memunculkan dual channel adalah RAM tersebut harus sama mereknya, kecepatan serta sama chipset. Terkadang, yang sama merk dan kecepatanpun tidak maksimal memunculkan fasilitas dual channel, apalagi beda merk. Oleh sebab itu, akan lebih baik apabila membeli satu paket yang sudah diberikan oleh RAM yang ada. Seperti data diatas, misal satu paket 8GB yang langsung dua channel. :)
Penting :
Dual channel sebenarnya bukan RAM yang support dual channel, tetapi  processor dan motherboardnya lah yang dapat support dual channel apabila processor dan motherboard tidak support dual channel maka membeli ram dengan spesifikasi dual-channel pun akan percuma.
Ø  Bagaimana kita tahu jenis RAM yang telah kita pasang?
Jawab:
Jika ingin mengetahui spesifikasi memori RAM dapat menggunakan tool / aplikasi CPU-Z serta Speccy dalam aplikasi tersebut anda akan melihat spesifikasi komponen-komponen yang terpasang pada Notebook Anda.
Ababila ingin mendownloads aplikasi CPU-Z  bisa klik disini dan untuk Speecy bisa klik disini.

3.    OS/Operating System
Selain Hal diatas installasi sistem operasi pada notebook/Laptop juga harus diperhatikan karena akan berpengaruh pada besarnya RAM yang terpasang pada notebook/laptop. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah masalah Sistem operasi yang terinstall pada notebook/laptop apakah 32 bit /64 bit karena akan mempengaruhi pembacaan RAM yang terpasang pada Notebook/laptop.
      Sistem operasi baik Linux maupun windows itu mempunyai limit memori pada masing-masing tipe OSnya.Pada dasarnya perbedaan dari sistem operasi 32 bit dan 64 bit adalah banyaknya kapasitas register (tempat penyimpanan data yang bisa ditangani oleh CPU (Central Processing Unit) dalam satu kali perhitungan /operasi.pada sistem Operasi Windows 64 bit ruang penyimpanan pada register lebih banyak dari pada sistem operasi 32 bit.
     
Berikut contoh limit memori yang dimiliki sistem operasi Windows 8,jika ingin melihat limit memori selain windows 8 dapat mengunjungi alamat webnya disini.

Pertanyaan :
Apakah  kita harus memakai sistem operasi 64 bit daripada memakai sistem operasi 32 bit?
Jawab:
Itu terserah pada pilihan anda,pada kenyataannya aplikasi-aplikasi yang ada sekarang kebanyakan support untuk sistem operasi 32 bit daripada 64 bit.Aplikasi 32 bit kadang bisa diinstall pada sistem operasi 64 bit tetapi drivernya apabila drivernya 32 bit maka tidak bisa diinstall pada sistem operasi windows 64 bit.
Dan yang perlu diperhatikan juga adalah ketika ingin menginstall sistem operasi 64 bit maka haris melihat apakah processor yang terpasang support 64 bit.
Untuk mengecek jenis processor support 64 bit dapat melihat pada situs intel berikut http://ark.intel.com jika processornya Intel.jika tidak support 64 bit berarti hanya bisa diinstalli sistem operasi 32 bit saja.

Gambar diatas menunjukan bahwa processornya support 64 bit
Pertanyaan :
Berdasarkan tabel diatas, berarti kita bisa saja mengupgrade RAM hingga 128 GB?
Jawab:
Tidak. Kita harus melihat apakah pembacaan memori pada  processor kita support.
4.      Budget
Hal terakhir yang perlu diperhatikan dan paling utama dalam melakukan upgrade Memori RAM adalah budget anda dalam membeli memori RAM.Jangan terlalu memaksakan membeli ram dengan kapasitas tinggi tanpa mempertimbangkan hal-hal diatas.
KESIMPULAN :
Sebelum melakukan Upgrade Memori RAM hal-hal yang perlu diperhatikan adalah
1.    Perhatikan Support Processor dan Support Chipset Motherboardnya.
2.    Support Sistem Operasinya.
3.    Budget.

0 komentar:

Posting Komentar